Manfaat Air Untuk Kesehatan

Author: Delia Rakhmah Oktafiani // Category:

Berdasarkan hasil penelitian selama 25 tahun, , Dr. F. Batmanghelidj MD, seorang ahli kedokteran serta pengarang buku menunjukkan manfaat air bagi berbagai kondisi medis, berikut adalah beberapa diantaranya :

  1. Manfaat Minum Air bagi Nyeri Sendi dan Arthritis
    Rasa nyeri pada daerah sendi dipercaya merupakan suatu pertanda adanya kekurangan cairan bantalan sendi, sehingga gesekan dapat terjadi dan menimbulkan rasa nyeri. Dengan minum air secara cukup, maka pelumasan di bagian bantalan sendi akan tetap terjaga dan tidak akan menimbulkan gesekan yang dapat menyebabkan nyeri.

  1. Manfaat minum air untuk mencegah tingginya kadar kolesterol
    Minum air yang cukup juga berperan penting untuk mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Hal ini karena dengan minum air yang cukup dapat membantu kelancaran peredaran darah, sehingga dapat mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.

  1. Manfaat minum air untuk mencegah kerusakan otak
    Rata-rata berat otak manusia adalah 1,4 kg, dimana 85 % diantaranya terdiri dari air. Otak sangat sensitive terhadap kekurangan cairan, dimana disebutkan bahwa otak bahkan tidak mampu untuk mentolerir kekurangan air sebanyak 1 % dan jika berlangsung dalam waktu lama, maka otak tidak dapat berfungsi secara baik. Manfaat minum air yang cukup untuk otak antara lain : membantu tubuh untuk melengkapi kembali asupan untuk neurotransmitter serotonin, membantu produksi melatonin (senyawa yang berfungsi dalam pengaturan tidur), sebagai pemberi tenaga karena air membuat sel dapat berfungsi serta membantu untuk mempertahankan daya ingat karena dengan otak yang terjaga hidrasinya dapat membantu untuk menanamkan informasi baru pada tempat penyimpan daya ingat di otak.

  1. Manfaat minum air untuk pembuangan sampah dan zat berbahaya dari tubuh
    Organ tubuh kita terbuat dari sel, dimana sel tersebut terdiri dan hidup dalam larutan berair. Darah kita juga sebagaian besar terbuat dari air dan berfungsi untuk melarutkan, memproses dan mengangkut nutrisi serta zat buangan.

    Pada kasus dehidrasi, darah menjadi lebih kental dan tidak dapat mengalir dengan semestinya sehingga mengakibatkan nutrisi tidak dapat dialirkan ke seluruh tubuh. Darah juga tidak dapat mengalirkan zat buangan ke bagian ekskresi, sehingga zat tersebut akan menumpuk di sel tubuh dan dapat mempengaruhi fungsi dari sel tubuh.

0 Responses to "Manfaat Air Untuk Kesehatan"

Posting Komentar